Si Violet Sweet Potatoes

                            

     Banyak orang memandang remeh dengan ubi jalar merah atau sweet potatoes (Ipomoea batatas). Padahal ubi yang satu ini mengandung beragam zat gizi yang sangat baik bagi tubuh. Di Jepang, harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat harga tepung terigu dan di Singapura harga tepung terigu 25% lebih mahal dari harga tepung. Penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering, karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Ubi jalar bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit.
          Sumber utama karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sederhana. Ubi jalar merah juga sangat kaya akan pro vitamin A atau retinol. Bayangkan, di dalam 100 gr ubi jalar merah terkandung 2310 mcg (setara dengan satu tablet vitamin A). Bahkan dibandingkan bayam dan kangung, kandungan vitamin A ubi jalar merah masih setingkat lebih tinggi. Keistimewaan ubi ini juga terletak pada kandungan seratnya yang sangat tinggi. Bagus untuk mencegah kanker saluran pencernaan dan mengikat zat karsinogen penyebab kanker di dalam tubuh. Berikut ini kandungan gizi Ubi Jalar Merah/100gr, yakni:
- Protein 1.8 g
- Lemak 0.7 g
- Karbohidrat 27.9 g
- Mineral 1.1 g
- Kalsium 49 mg
- Vitamin A (retinol) 2310 mcg
- Vitamin C (askorbat) 20 mg


     Maka dari itu disini, saya coba berbagi resep dalam pengolahan ubi jalar merah ini. Check this out 

Porsi: Untuk 20 donat


Bahan:- 350 gram tepung terigu serba guna
- 100 ml susu cair, dingin
- 1 sendok teh ragi instan (saya menggunakan merk Fermipan)
- 1 sendok teh pengembang & pengempuk roti (saya menggunakan merk Baker's Bonus A)
- 250 gram ubi jalar ungu, kupas, potong-potong dan kukus hingga matang, haluskan dengan menggunakan blender untuk mendapatkan tekstur yang benar-benar halus
- 100 gram gula pasir
- 75 gram margarine
- 1/2 sendok teh garam
- 2 butir telur
- 1/4 sendok teh vanilli


Cara membuat:1. Di mangkuk besar campur terigu, ragi, baker's bonus, gula pasir, vanili. Aduk hingga rata. Masukkan garam. Aduk.
2. Masukkan ubi jalar yang telah dihaluskan, tambahkan telur, susu cair dan margarine. Uleni adonan menggunakan tangan hingga adonan kalis. Jika adonan masih lengket di mangkuk, taburi dengan terigu sedikit-sedikit kemudian uleni kembali.  Kira-kira 4 - 5 menit.
3. Kemudian bulatkan adonan dan tutup mangkuk dengan plastik wrap atau lap basah. Istirahatkan selama + 20 menit.
4. Bagi adonan masing-masing dengan berat 50 gram, bentuk bulat. Tata di atas loyang. Tutup dengan lap basah atau plastik wrap. Istirahatkan selama 25 menit.
5. Bentuk adonan menjadi bulat dengan lubang di tengah. Goreng di minyak panas hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan taburi dengan gula bubuk.

Cocok untuk menemani segelas teh hangat di hari libur loh..


Selamat mencoba 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar